Sabtu, 12 Maret 2022 | 15:47 WIB

Tim Dosen Universitas Bina Sarana Informatika Jakarta Selenggarakan Pelatihan Ms Excel untuk Pricing Decisions pada Koperasi UKM Tajurhalang Makmur Bogor


Dilihat: 411 kali

Tim Dosen Universitas Bina Sarana Informatika Jakarta Selenggarakan Pelatihan Ms Excel untuk Pricing Decisions pada Koperasi UKM Tajurhalang Makmur Bogor


Di tengah kondisi Covid-19 yang masih mewabah, pelaksanaan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) oleh tim Dosen Universitas Bina Sarana Informatika - Jakarta dengan mitra Koperasi UMKM Tajurhalang Makmur baru-baru ini diselenggarakan secara daring melalui Zoom Meeting pada Sabtu (12/03/2022). Tim Dosen ini diketuai oleh Nurlaela Eva Puji Lestari yang beranggotakan Elmira Siska (selalu Tutor), Lela Elvira dan Siti Mabrur Rachmah. Kegiatan PKM yang bertemakan Pelatihan Ms. Excel untuk Pricing Decisions pada Koperasi UKM Tajurhalang Makmur Bogor dihadiri oleh 33 orang Peserta/anggota Koperasi UMKM Tajurhalang Makmur. Mahasiswa juga terlibat dalam kegiatan ini antara lain Teddy Shandro Sihombing, Piko Hendrianto, dan Haana Asyifa.

Dalam sambutan yang diberikan oleh Bapak Kasmanto Miharjo selaku Ketua Tim Pengabdian masyarakat Universitas Bina Sarana Informatika menerangkan maksud dari pengabdian masyarakat ini dilakukan yaitu salah satunya untuk memenuhi Tridharma Perguruan Tinggi yang diwajibkan bagi seluruh dosen UBSI, dan juga agar dosen-dosen dapat mentransfer ilmu kepada masyarakat, dan diharapkan peserta/anggota koperasi UMKM Tajurhalang Makmur mendapatkan ilmu yang bermanfaat untuk menunjang operasional dalam pemasaran produk yang dihasilkan. Kegiatan ini mendapatkan sambutan yang baik dari Ketua koperasi UMKM Tajurhalang Makmur yaitu Dra. Ulfah Nuriah. “Kami berterimah kasih kepada tim dosen dari Dosen Universitas Bina Sarana Informatika yang telah meluangkan waktunya untuk memberikan pelatihan kepada kami, dimana pelatihan ini tetnu saja sangat bermafaat bagi kami dalam hal peningkatan keterampilan dan keahlian anggota koperasi kami”, tutur Ulfah.

“Memahami sejarah Microsoft excel, sehingga penting perlu diketahui juga fungsi, manfaat, dan kegunaan microsoft excel dalam membantu mempermudah pekerjaan sehari-hari. Sekaligus akan kami jelaskan tentang kelebihan dan kekurangan microsoft excel. Jika pekerjaan atau aktifitas sehari-hari Bapak/Ibu berkaitan dengan keuangan, maka excel akan banyak membantu dan mempermudah pekerjaan Bapak/Ibu. Fungsi utama program microsoft excel adalah sebagai aplikasi atau software pengolah angka. Fungsi atau kegunaan microsoft excel dalam pekerjaan sehari-hari lainnya antara lain, membuat, mengedit, mengurutkan, menganalisa, meringkas data. Membuat catatan keuangan, anggaran serta menyusun laporan keuangan. Menghitung dan mengelola investasi, pinjaman, penjualan, inventaris. Melakukan analisa serta riset harga dan lain sebagainya. Microsoft Excel memiliki banyak sekali manfaat untuk mempermudah pekerjaan Bapak/Ibu. Contoh dari penggunaan program Microsoft Excel dalam bidang akuntansi antara lain menghitung jumlah laba/rugi suatu perusahaan, mencari besarnya keuntungan selama satu periode, menghitung gaji karyawan. Microsoft Excel dapat digunakan untuk membuat grafik, misalnya grafik penjulan produk UMKM dari waktu ke watktu. Dengan jumlah baris pada microsoft excel yang mencapai 1.084.576 dan jumlah kolom 16.384, maka Bapak/Ibu tidak akan merasa kesulitan apabila melakukan input data yang membutuhkan jumlah kolom dan baris yang sangat banyak.”, ujar Elmira Siska.

Merujuk kepada tema pelatihan, Elmira juga menambahkan pentingnya melakukan perhitungan harga pokok produksi (HPP) dan penentuan harga jual normal untuk produk yang dijual secara tepat. “Praktek penentuan besarnya biaya produksi dan penetapan harga jual yang selama ini hanya dilakukan berdasarkan perkiraan saja atau berdasarkan intuisi saja harus ditinggalkan. Karena hal ini sering kali menyebabkan terjadi kesalahan dalam penentuan harga pokok produksi dan harga jual. Apalagi sekarang ini, produk-produk UMKM banyak beredar di marketplace dan harga yang ditawarkan sangat beragam dan hampir sama. Apabila Bapak/Ibu salah dalam menuntukan harga jual, maka bisa saja harga produk Bapak/Ibu menjadi lebih mahal dari harga produk sejenis, tenti saja harga produk Bapak/ibu menjadi tidak kometitif”, ucap Elmira.

Selain pemberihan materi berupa presentasi dan praktek langsung pada Excel workbook, kegiatan pengabdian masyarakat kali ini juga diisi dengan tanya jawab, antara dosen dan peserta/anggota koperasi UMKM Tajur Halang Makmur. Banyak pertanyaan baik berupa teknis maupun non teknis yang diajukan, seperti yang dikemukakan oleh Ibu Ida mengenai teknis penggunaan rumus-rumus pada microsoft excel untuk pricing desicions, serta Ibu Mey juga menanyakan hal yang sama. Peserta lainnya juga tak ketinggalan memberikan saran dan masukan sehingga suasana pengabdian masyarakat menjadi dinamis. Intinya pengabdian masyarakat ini telah membawa pengetahuan baru dan perubahan diri setiap peserta/anggota koperasi UMKM Tajur Halang Makmur. Kemudian Mahasiswa dari Prodi Manajemen yang terlibat dalam kegiatan PKM ini diharapkan mempunyai sikap dan karakter yang baik, pengetahuan yang luas, keterampilan umum dan keterampilan khusus. Seluruh peserta/anggota sangat antusias dalam mengikuti acara, dan di akhir acara dilakukan sesi foto bersama.


Bila artikel ini bermanfaat silahkan share Tim Dosen Universitas Bina Sarana Informatika Jakarta Selenggarakan Pelatihan Ms Excel untuk Pricing Decisions pada Koperasi UKM Tajurhalang Makmur Bogor ini dengan teman anda, Terima kasih sebelumnya

Artikel Terkait 'pengabdian'

Dosen STIKOM dan AMIK Tunas Bangsa Melaksanakan PKM Pelatihan Penulisan Karya Ilmiah Bagi Pelajar SMK Yang Didanai Oleh Kemenristekdikti dibaca (3242)
Guna Peningkatan Akuntabilitas Laporan Keuangan Mesjid, Gabungan Dosen Beberapa Perguruan Tinggi Lakukan Pengabdian di MUI Kota Binjai dibaca (1583)
Dosen STIKOM Tunas Bangsa Memberikan Pelatihan Guru PAUD MELEK Teknologi di Kabupaten Simalungun dibaca (1361)
Joint Community Service Between Universitas Mercu Buana (UMB) with Universiti Sains Malaysia (USM) dibaca (1284)
Melalui Program Pengabdian Masyarakat, Dosen Uniska Bantu Meningkatkan Kompetensi Guru SMAN 1 Anjir Pasar Dengan Media Pembelajaran Berbasis E-Learning dibaca (1182)
Tim Hibah PKMS Dikti-Universitas Potensi Utama Gelar Pelatihan Implementasi Google Classroom di SMA An-Nizam dibaca (1089)
Forum Kerjasama Pendidikan Tinggi Langsungkan Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat di SD IT Al-Munadi dibaca (1086)
Universitas Budi Darma Langsungkan Pengabdian Kepada Masyarakat Bekerjasama dengan STIP-AP, STIM SUKMA dan FKPT dibaca (1083)
ADAI Lakukan Pengabdian Masyarakat dengan Tema "Pengelolaan Perencanaan Keuangan Keluarga Nelayan di Desa Perlis Langkat" di Desa Perlis Langkat dibaca (1041)
Dosen UNISKA Muhammad Arsyad Al Banjari Banjarmasin Selenggarakan Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat di SMP Negeri 1 Anjir Pasar dibaca (880)
Dosen Unilak Berikan Pelatihan Office Perkantoran Bagi Guru SDN 59 Pekanbaru dibaca (742)
IBM di SMA PGRI Pekanbaru, Dosen Unilak Ajarkan Robotika Sederhana dibaca (728)
Universitas Lancang Kuning Laksanakan Pengabdian Dengan Tema Pembuatan Modul Ajar Berbasis Multimedia dibaca (701)
Tim PKM Universitas Potensi Utama Selenggarakan Webinar Nasional dengan Topik Peran Teknologi dalam Menjaring Informasi Hoax dibaca (504)
Tim Dosen Universitas Bina Sarana Informatika Jakarta Selenggarakan Pelatihan Ms Excel untuk Pricing Decisions pada Koperasi UKM Tajurhalang Makmur Bogor dibaca (411)
Tim PKM Universitas Potensi Utama Mengadakan Pendampingan Penerapan Sistem Manajemen Sekolah Dengan Knowledge Management System Berbasis Website dibaca (235)
Solusi Digital-Preneur Bagi Pengusaha Mikro Wanita pada Masa Pandemi Covid-19 dibaca (183)
Keberlangsungan Bisnis Melalui Good Governance Sektor UMKM dibaca (180)
Pengabdian Masyarakat Bersama: Strategi Pemasaran Di Tengah Pandemi Covid-19 Bagi Pelaku UMKM di Kota Binjai Sumatera Utara dibaca (68)


Berikan Komentar Anda Pada Artikel Tim Dosen Universitas Bina Sarana Informatika Jakarta Selenggarakan Pelatihan Ms Excel untuk Pricing Decisions pada Koperasi UKM Tajurhalang Makmur Bogor
Search Topics
SEMINAR NASIONAL Teknologi Komputer & Sains (SAINTEKS) 2019
Seminar Nasional Sains dan Teknologi Informasi (SENSASI)
Top Artikel
Terbanyak Didownload

Kamis, 5 Desember 2019 | 15:59 WIB Dilihat 3283 kali

Download Materi Proposal Hibah Program Kreativitas Mahasiswa (PKM)

Senin, 18 November 2019 | 09:19 WIB Dilihat 3225 kali

Download Materi Workshop Hak Kekayaan Intelektual (HKI)

Sabtu, 27 Juli 2019 | 00:12 WIB Dilihat 1866 kali

Download Materi Pembicara Seminar Nasional 2nd SENSASI 2019
Terbanyak Dilihat

Jumat, 30 April 2021 | 10:31 WIB Dilihat 14504 kali

RISK AND RETURN PADA INVESTASI PENDAPATAN TETAP

Jumat, 29 November 2019 | 15:01 WIB Dilihat 14310 kali

SEMINAR NASIONAL Teknologi Komputer dan Sains (SAINTEKS) 2020

Rabu, 28 November 2018 | 11:32 WIB Dilihat 12741 kali

SEMINAR NASIONAL Teknologi Komputer & Sains (SAINTEKS) 2019

Senin, 17 Juni 2019 | 17:07 WIB Dilihat 8523 kali

Seminar Nasional Sains dan Teknologi Informasi (SENSASI) 2019

Senin, 6 Agustus 2018 | 07:24 WIB Dilihat 5968 kali

Begini Penjelasan Direktur BAN PT, Terkait Similarity Terhadap Borang Akreditasi
 (C)opyright  mesran.web.id 2018