Sabtu, 19 Februari 2022 | 12:34 WIB

Keberlangsungan Bisnis Melalui Good Governance Sektor UMKM


Dilihat: 181 kali

Keberlangsungan Bisnis Melalui Good Governance Sektor UMKM

Program Studi S1 Akuntansi dan Program Studi S1 Manajemen melaksanakan program berseri Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) yang diselenggarakan oleh Universitas Mercu Buana yang bekerjasama dengan Kelurahan Meruya Utara pada tanggal 09 Februari 2022. Kegiatan PPM yang diselenggarakan secara hybrid di tengah Pandemi Covid-19 dengan tema Keberlangsungan Bisnis Melalui Good Governance Sektor UMKM  berlangsung dengan baik.  Para peserta yang berjumlah hampir 100 orang dan nota bene adalah para pelaku usaha Mikro sangat antusias dan merasa mendapatkan manfaat dari acara ini. Acara ini berlangsung dari pukul 09.00 WIB s.d pukul 12.00 WIB yang dibuka oleh Lurah Meruya Utara Bapak Zainuddin S.Pd yang memberikan motivasi kepada pelaku UMKM khususnya binaan dari Kelurahan Meruya Utara untuk tetap melakukan aktivitas bisnis dengan mengikuti arahan dari pemerintah, yaitu melakukan aktivitas dengan tetap melaksanakan protokol kesehatan (menggunakan masker, jaga jarak, menjaga kebersihan). Sedangkan dari Universitas Mercu Buana, diwakili oleh Sekprodi S1 Ak Dr Muhyarsah, Msi,Ak dan Ketua Kelompok Riset dan Pengandian Masyarakat Dr. Nurul Hidayah SE., MSi yang telah menjalin hubungan kerjasama yang baik dengan Kelurahan Meruya Utara dan terus akan membumikan bidang akademisi dengan masyarakat dalam mengurangi missmatch antara dunia pendidikan dengan dunia industri.  

Pembicara dalam acara tersebut terdiri dari Dosen-dosen Manajemen Ahmad Badawi SE., MM dan Iwan Firdaus,SE,MM menyampaikan materi terkait kualitas SDM UMKM dan mengenai Manajemen Keuangan dan Investasi untuk Keberlangsungan Pengusaha Mikro Wanita pada Masa Pandemi Covid-19 melalui Inovasi. Sedangkan narasumber dari dosen-dosen Akuntansi terdiri dari Diah Iskandar, SE.,MSi , Dra. Nurlis,Ak.,Msi, Dra. Mutiah, MSi, Putri Renalita Sutra Tanjung, SE.,MM.,MAk dan Sely Megawati Wahyudi, SE.,MAk.

Fenomena saat ini, dimana terjadinya pandemi Covid-19 telah mendisrupsi seluruh segmen usaha, termasuk segmen mikro. Oleh karenanya, diperlukan inovasi atau cara baru dan kreativitas dalam mengelola usahanya agar para pengusaha mikro wanita dapat mempertahankan omset usahanya. Pengusaha mikro wanita memiliki peranan penting dalam keuangan keluarga, selain sebagai penyokong keuangan bagi keluarga, tetapi juga sebagai pengelola keuangan keluarga. Bahkan beberapa pengusaha mikro wanita juga menjadi tulang punggung bagi keluarga mereka.

Terdapat tiga faktor yang mendisrupsi usaha mikro saat ini yang antara lain adalah: Pandemi Covid-19, Revolusi Industri 4.0 dan juga Kondisi ketidakpastian. Oleh karena itu pengusaha mikro wanita harus mampu berinovasi untuk bertahan terhadap tiga aspek yang mendisrupsi dunia usaha tersebut. Selanjutnya, untuk dapat bertahan maka pengusaha mikro wanita harus memahami peluang pasar saat ini. Peluang pasar atau segmen pasar terbesar saat ini adalah golongan millenial dimana diperkirakan mereka berusia 26 tahun s.d 41 tahun. Salah satu ciri khas dari kaum millenial adalah mereka memiliki penghasilan yang sudah mapan dan memiliki kemampuan dalam menggunakan teknologi informasi dan komputer. Merujuk pada besarnya segmen millenial sebagai pangsa pasar dan juga adanya tiga faktor yakni Pandemi Covid-19, Revolusi Industri serta Kondisi Ketidakpastian, maka pengusaha mikro wanita harus mampu merubah bisnis model penjualan mereka yang semula melalui promosi, pemasaran dan penjualan tradisional menjadi promosi digital, pemasaran digital dan penjualan digital (Digital Preneur/Techno Preneur). Lebih lanjut, bagaimana mengimplementasikan promosi digital, pemasaran digital dan juga penjualan digital dibahas oleh pembicara-pembicara selanjutnya dalam acara pengabdian kepada masyarakat di Kelurahan Meruya Utara, Jakarta Barat.


Bila artikel ini bermanfaat silahkan share Keberlangsungan Bisnis Melalui Good Governance Sektor UMKM ini dengan teman anda, Terima kasih sebelumnya

Artikel Terkait 'pengabdian'

Dosen STIKOM dan AMIK Tunas Bangsa Melaksanakan PKM Pelatihan Penulisan Karya Ilmiah Bagi Pelajar SMK Yang Didanai Oleh Kemenristekdikti dibaca (3242)
Guna Peningkatan Akuntabilitas Laporan Keuangan Mesjid, Gabungan Dosen Beberapa Perguruan Tinggi Lakukan Pengabdian di MUI Kota Binjai dibaca (1583)
Dosen STIKOM Tunas Bangsa Memberikan Pelatihan Guru PAUD MELEK Teknologi di Kabupaten Simalungun dibaca (1361)
Joint Community Service Between Universitas Mercu Buana (UMB) with Universiti Sains Malaysia (USM) dibaca (1284)
Melalui Program Pengabdian Masyarakat, Dosen Uniska Bantu Meningkatkan Kompetensi Guru SMAN 1 Anjir Pasar Dengan Media Pembelajaran Berbasis E-Learning dibaca (1182)
Tim Hibah PKMS Dikti-Universitas Potensi Utama Gelar Pelatihan Implementasi Google Classroom di SMA An-Nizam dibaca (1089)
Forum Kerjasama Pendidikan Tinggi Langsungkan Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat di SD IT Al-Munadi dibaca (1086)
Universitas Budi Darma Langsungkan Pengabdian Kepada Masyarakat Bekerjasama dengan STIP-AP, STIM SUKMA dan FKPT dibaca (1083)
ADAI Lakukan Pengabdian Masyarakat dengan Tema "Pengelolaan Perencanaan Keuangan Keluarga Nelayan di Desa Perlis Langkat" di Desa Perlis Langkat dibaca (1041)
Dosen UNISKA Muhammad Arsyad Al Banjari Banjarmasin Selenggarakan Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat di SMP Negeri 1 Anjir Pasar dibaca (880)
Dosen Unilak Berikan Pelatihan Office Perkantoran Bagi Guru SDN 59 Pekanbaru dibaca (742)
IBM di SMA PGRI Pekanbaru, Dosen Unilak Ajarkan Robotika Sederhana dibaca (728)
Universitas Lancang Kuning Laksanakan Pengabdian Dengan Tema Pembuatan Modul Ajar Berbasis Multimedia dibaca (701)
Tim PKM Universitas Potensi Utama Selenggarakan Webinar Nasional dengan Topik Peran Teknologi dalam Menjaring Informasi Hoax dibaca (504)
Tim Dosen Universitas Bina Sarana Informatika Jakarta Selenggarakan Pelatihan Ms Excel untuk Pricing Decisions pada Koperasi UKM Tajurhalang Makmur Bogor dibaca (411)
Tim PKM Universitas Potensi Utama Mengadakan Pendampingan Penerapan Sistem Manajemen Sekolah Dengan Knowledge Management System Berbasis Website dibaca (235)
Solusi Digital-Preneur Bagi Pengusaha Mikro Wanita pada Masa Pandemi Covid-19 dibaca (183)
Keberlangsungan Bisnis Melalui Good Governance Sektor UMKM dibaca (181)
Pengabdian Masyarakat Bersama: Strategi Pemasaran Di Tengah Pandemi Covid-19 Bagi Pelaku UMKM di Kota Binjai Sumatera Utara dibaca (68)


Berikan Komentar Anda Pada Artikel Keberlangsungan Bisnis Melalui Good Governance Sektor UMKM
Search Topics
SEMINAR NASIONAL Teknologi Komputer & Sains (SAINTEKS) 2019
Seminar Nasional Sains dan Teknologi Informasi (SENSASI)
Top Artikel
Terbanyak Didownload

Kamis, 5 Desember 2019 | 15:59 WIB Dilihat 3283 kali

Download Materi Proposal Hibah Program Kreativitas Mahasiswa (PKM)

Senin, 18 November 2019 | 09:19 WIB Dilihat 3225 kali

Download Materi Workshop Hak Kekayaan Intelektual (HKI)

Sabtu, 27 Juli 2019 | 00:12 WIB Dilihat 1866 kali

Download Materi Pembicara Seminar Nasional 2nd SENSASI 2019
Terbanyak Dilihat

Jumat, 30 April 2021 | 10:31 WIB Dilihat 14504 kali

RISK AND RETURN PADA INVESTASI PENDAPATAN TETAP

Jumat, 29 November 2019 | 15:01 WIB Dilihat 14310 kali

SEMINAR NASIONAL Teknologi Komputer dan Sains (SAINTEKS) 2020

Rabu, 28 November 2018 | 11:32 WIB Dilihat 12742 kali

SEMINAR NASIONAL Teknologi Komputer & Sains (SAINTEKS) 2019

Senin, 17 Juni 2019 | 17:07 WIB Dilihat 8523 kali

Seminar Nasional Sains dan Teknologi Informasi (SENSASI) 2019

Senin, 6 Agustus 2018 | 07:24 WIB Dilihat 5968 kali

Begini Penjelasan Direktur BAN PT, Terkait Similarity Terhadap Borang Akreditasi
 (C)opyright  mesran.web.id 2018