Rabu, 3 November 2021 | 23:51 WIB

Tim PKM Universitas Potensi Utama Mengadakan Pendampingan Penerapan Sistem Manajemen Sekolah Dengan Knowledge Management System Berbasis Website


Dilihat: 88 kali

Tim PKM Universitas Potensi Utama Mengadakan Pendampingan Penerapan Sistem Manajemen Sekolah Dengan Knowledge Management System Berbasis Website

Tim PKM Universitas Potensi Utama mengadakan pelatihan dan pendampingan penerapan sistem manajemen sekolah dengan knowledge management system berbasis website pada guru-guru sekolah mitra yang mengajar di Yayasan Pendidikan Islam Al-Fattah, Desa Lama, Kecamatan Hamparan Perak, Kabupaten Deli Serdang. Kegiatan ini dilaksanakan atas hasil observasi dan wawancara yang telah dilakukan oleh Tim PKM Universitas Potensi Utama sejak awal tahun 2020. Kepala Yayasan Pendidikan Islam Al-Fattah, Bapak Ir. Rafid Rizal menyatakan bahwa selama ini Yayasan Pendidikan Islam Al-Fattah hanya mengandalkan sistem palaporan administrasi pembelajaran berbasis hardcopy, dimana para guru memberikan perangkat pembelajaran yang telah disusun dalam bentuk buku. Kondisi ini mengakibatkan dokumen-dokumen tersebut rentan tercecer, sehingga ketika dibutuhkan, pihak sekolah akan mengalami kesulitan dalam mengumpulkan kembali dokumen tersebut.

 “Kendala yang kami hadapi di Yayasan Pendidikan Islam Al-Fattah adalah kurangnya keterampilan dalam melakukan sistem manajemen sekolah yang terintegrasi teknologi, yang mana dapat membantu kami dalam mengatasi masalah berkenaan dengan administrasi pembelajaran” ungkap Bapak Ir. Rafid Rizal.  Bapak Ir. Rafid Rizal menambahkan kembali bahwa Yayasan Pendidikan Islam Al-Fattah belum memiliki suatu sistem yang dapat mengintegrasikan program pembelajaran antara satu unit sekolah dengan unit sekolah lainnya. Hal ini menyulitkan operator sekolah yang saat ini hanya dipegang oleh satu orang saja untuk keseluruhan unit, mulai dari SMP, SMA dan SMK di Yayasan Pendidikan Islam Al-Fattah.

“Oleh sebab itu, maka kami, Tim PKM Universitas Potensi Utama bekerja sama dengan Yayasan Pendidikan Islam Al-Fattah untuk melakukan kegiatan pelatihan dan pendampingan dalam membantu pihak Yayasan Pendidikan Islam Al-Fattah melakukan sistem manajemen sekolah yang terintegrasi teknologi, serta membantu operator sekolah dalam melakukan proses administrasi pembelajaran” ujar Titin Setiawati, S.Kom., M.Sn selaku anggota Tim PKM Universitas Potensi Utama. Kegiatan ini diadakan secara tatap muka dengan menjaga protokol kesehatan yang dilaksanakan pada tanggal 25 Agustus 2021.  Kegiatan dimulai dengan pemberian pemahaman dasar mengenai sistem manajemen sekolah.

Kegiatan lanjutan dilaksanakan pada tanggal 1 September 2021 yang juga dilaksanakan secara tatap muka dengan menjaga protokol kesehatan di Yayasan Pendidikan Islam Al-Fattah. Kegiatan dimulai dengan melakukan pendampingan lanjutan terkait proses pengisian administrasi dan kegiatan pembelajaran yang telah dilakukan oleh guru pengampu mata pelajaran. Pada kegiatan ini pula, dilakukan pendampingan secara khusus kepada operator sekolah untuk melakukan penginputan identitas guru secara detail dan mengupload berkas-berkas yang dibutuhkan oleh wali kelas dalam pelaporan adminsitrasi kelas yang diampu. Kegiatan ini dilanjutkan kembali dengan finalisasi hasil penginputan identitas siswa, proses uji coba pembelajaran secara daring melalui website yang terintegrasi dengan sistem manajemen sekolah, proses uji coba diskusi daring, hingga proses penilaian dan penginputan nilai rapor secara daring. Bapak Abdul Meizar, S.Kom., M.Kom selaku Tim IT Universitas Potensi Utama menyatakan sistem ini benar-benar dikembangkan khusus untuk Yayasan Pendidikan Islam Al-Fattah dan didesain sedemikian rupa dengan mengintegrasikan berbagai komponen pembelajaran dan berbagai unit yang berada di Yayasan Pendidikan Islam Al-Fattah. “Sistem ini diharapkan tidak hanya membantu para guru dan tenaga kependidikan dalam melakukan sistem pelaporan, namun juga dapat meningkatkan keterampilan guru dan tenaga kependidikan dalam menggunakan teknologi” ungkap Bapak Abdul Meizar, S.Kom., M.Kom.

“Kegiatan ini benar-benar memberikan pengetahuan, keterampilan, dan pandangan baru bagi saya selaku guru, bahwa kehadiran teknologi memiliki banyak manfaat, salah satunya adalah membantu guru dalam melakukan proses pembelajaran yang saling terintegrasi dengan kegiatan pembelajaran lainnya sehingga proses nya menjadi lebih efektif dan efisien” ujar Ibu Khairani, S,Pd, salah satu guru di Yayasan Pendidikan Islam Al-Fattah. Pada kegiatan ini turut hadir Kepala Sekolah pada tiga sekolah yang berada di bawah Yayasan Pendidikan Islam Al-Fattah, yakni SMP Islam Al-Fattah, SMA Islam Al-Fattah dan SMK Islam Al-Fattah. “Kami selaku Yayasan Pendidikan Islam Al-Fattah sangat berterima kasih kepada Tim PKM Universitas Potensi Utama, karena telah memberikan edukasi tambahan kepada para guru di lingkungan Yayasan ini dan sangat bermanfaat dalam meningkatkan keterampilan techno-pedagogical para guru” tambah Bapak Ramadhana, selaku Kepala SMK Islam Al-Fattah.

 “Kegiatan PKM yang telah dilaksanakan di Yayasan Pendidikan Islam Al-Fattah tidak hanya berhenti pada kegiatan pelatihan dan pendampingan ini saja, namun akan berlanjut dengan program-program lainnya yang mendukung peningkatan kompetensi guru-guru yang berada di Yayasan Pendidikan Islam Al-Fattah” ungkap Ibu Rahmi Ramadhani, S.Pd.I., M.Pd

“Kegiatan yang dilaksanakan pada Yayasan Pendidikan Islam Al-Fattah (selaku Sekolah Mitra) merupakan kegiatan yang didanai sepenuhnya oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemdikbudristek) pada Skema Hibah Pengabdian Pada Masyarakat (PPM) dengan Skim Program Kemitraan Mayarakat (PKM) Pendanaan Tahun 2021” tutup Rahmi Ramadhani, S.Pd.I., M.Pd selaku Ketua Tim PKM Universitas Potensi Utama.


Bila artikel ini bermanfaat silahkan share Tim PKM Universitas Potensi Utama Mengadakan Pendampingan Penerapan Sistem Manajemen Sekolah Dengan Knowledge Management System Berbasis Website ini dengan teman anda, Terima kasih sebelumnya

Artikel Terkait 'pengabdian'

Dosen STIKOM dan AMIK Tunas Bangsa Melaksanakan PKM Pelatihan Penulisan Karya Ilmiah Bagi Pelajar SMK Yang Didanai Oleh Kemenristekdikti dibaca (3103)
Guna Peningkatan Akuntabilitas Laporan Keuangan Mesjid, Gabungan Dosen Beberapa Perguruan Tinggi Lakukan Pengabdian di MUI Kota Binjai dibaca (1450)
Dosen STIKOM Tunas Bangsa Memberikan Pelatihan Guru PAUD MELEK Teknologi di Kabupaten Simalungun dibaca (1242)
Joint Community Service Between Universitas Mercu Buana (UMB) with Universiti Sains Malaysia (USM) dibaca (1064)
Melalui Program Pengabdian Masyarakat, Dosen Uniska Bantu Meningkatkan Kompetensi Guru SMAN 1 Anjir Pasar Dengan Media Pembelajaran Berbasis E-Learning dibaca (990)
Tim Hibah PKMS Dikti-Universitas Potensi Utama Gelar Pelatihan Implementasi Google Classroom di SMA An-Nizam dibaca (932)
Universitas Budi Darma Langsungkan Pengabdian Kepada Masyarakat Bekerjasama dengan STIP-AP, STIM SUKMA dan FKPT dibaca (931)
Forum Kerjasama Pendidikan Tinggi Langsungkan Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat di SD IT Al-Munadi dibaca (882)
ADAI Lakukan Pengabdian Masyarakat dengan Tema "Pengelolaan Perencanaan Keuangan Keluarga Nelayan di Desa Perlis Langkat" di Desa Perlis Langkat dibaca (849)
Dosen UNISKA Muhammad Arsyad Al Banjari Banjarmasin Selenggarakan Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat di SMP Negeri 1 Anjir Pasar dibaca (752)
Dosen Unilak Berikan Pelatihan Office Perkantoran Bagi Guru SDN 59 Pekanbaru dibaca (644)
IBM di SMA PGRI Pekanbaru, Dosen Unilak Ajarkan Robotika Sederhana dibaca (617)
Universitas Lancang Kuning Laksanakan Pengabdian Dengan Tema Pembuatan Modul Ajar Berbasis Multimedia dibaca (561)
Tim PKM Universitas Potensi Utama Selenggarakan Webinar Nasional dengan Topik Peran Teknologi dalam Menjaring Informasi Hoax dibaca (410)
Tim PKM Universitas Potensi Utama Mengadakan Pendampingan Penerapan Sistem Manajemen Sekolah Dengan Knowledge Management System Berbasis Website dibaca (88)


Berikan Komentar Anda Pada Artikel Tim PKM Universitas Potensi Utama Mengadakan Pendampingan Penerapan Sistem Manajemen Sekolah Dengan Knowledge Management System Berbasis Website
Search Topics
SEMINAR NASIONAL Teknologi Komputer & Sains (SAINTEKS) 2019
Seminar Nasional Sains dan Teknologi Informasi (SENSASI)
Top Artikel
Terbanyak Didownload

Kamis, 5 Desember 2019 | 15:59 WIB Dilihat 3066 kali

Download Materi Proposal Hibah Program Kreativitas Mahasiswa (PKM)

Senin, 18 November 2019 | 09:19 WIB Dilihat 2915 kali

Download Materi Workshop Hak Kekayaan Intelektual (HKI)

Sabtu, 27 Juli 2019 | 00:12 WIB Dilihat 1668 kali

Download Materi Pembicara Seminar Nasional 2nd SENSASI 2019
Terbanyak Dilihat

Jumat, 29 November 2019 | 15:01 WIB Dilihat 13625 kali

SEMINAR NASIONAL Teknologi Komputer dan Sains (SAINTEKS) 2020

Rabu, 28 November 2018 | 11:32 WIB Dilihat 12171 kali

SEMINAR NASIONAL Teknologi Komputer & Sains (SAINTEKS) 2019

Senin, 17 Juni 2019 | 17:07 WIB Dilihat 8137 kali

Seminar Nasional Sains dan Teknologi Informasi (SENSASI) 2019

Senin, 6 Agustus 2018 | 07:24 WIB Dilihat 5577 kali

Begini Penjelasan Direktur BAN PT, Terkait Similarity Terhadap Borang Akreditasi

Sabtu, 6 April 2019 | 13:16 WIB Dilihat 5453 kali

Seminar Nasional Riset Dan Information Science (SeNaRis) 2019
 (C)opyright  mesran.web.id 2018