Jumat, 20 Sepember 2019 | 11:16 WIB

Dosen STIKOM Tunas Bangsa Memberikan Pelatihan Guru PAUD MELEK Teknologi di Kabupaten Simalungun


Dilihat: 188 kali

Dosen STIKOM Tunas Bangsa Memberikan Pelatihan Guru PAUD MELEK Teknologi di Kabupaten Simalungun

Sebelumnya Ucapan Terima kasih yang sebesar-besarnya kami sampaikan kepada Direktorat Riset dan Pengabdian Masyarakat, Direktorat Jenderal Penguatan Riset dan Pengembangan Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi atas pendanaan yang diberikan sesuai dengan Kontrak Penugasan Pelaksanaan Program Pengabdian kepada Masyarakat Nomor: T/209/L1.3.1/PT.01.03/2019.

Dalam rangka kegiatan pengabdian pada masyarakat, Dosen STIKOM Tunas Bangsa melalui Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) STIKOM Tunas Bangsa kembali mengadakan Pelatihan. Tema pengabdian berkaitan dengan  PELATIHAN GURU-GURU PAUD “MELEK” TEKNOLOGI KABUPATEN SIMALUNGUN. Dalam menyukseskan acara ini, turut hadir Ketua LPPM STIKOM Tunas Bangsa (Bapak Agus Perdana Windarto, M.Kom). Dalam paparannya beliau melalui LPPM selalu mensupport dosen-dosen dalam melaksanakan kegiatan pengabdian.

Mengingat pengabdian masyarakat merupakan bagian dari tri darma perguruan tinggi (Pengajaran, Penelitian dan Pengabdian). Dalam hal ini juga perwakilan mitra pengabdian dari Pengelola Paud Grace Kids (Yenita Dame Siregar, S. Pd) dan TK Sandhy Putra Telkom (Siti Maryam Harahap, S.Pd.AUD) dalam paparannya menyampaikan terima kasih kepada team pengabdian masyarakat dari STIKOM Tunas Bangsa dan berharap kegiatan ini terus berkelanjutan mengingat indonesia sudah memasuki era Revolusi Industri 4.0. Oleh karena itu guru-guru PAUD nya juga kemampuan soft skill nya harus di upgrade juga khususnya berkaitan tentang IT.

 

Ketua Pengabdian (Agus Perdana Windarto, M. Kom) menyebutkan bahwa kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan guru-guru PAUD khususnya pembelajaran interaktif berbasis software dan android di Kabupaten Simalungun. Dalam kegiatan pengabdian ini, ketua pengabdian dibantu dua anggota dosen (Anjar Wanto, M.Kom dan Iin Parlina, M.Kom) dan sembilan mahasiswa STIKOM Tunas Bangsa. Pengabdian ini dilaksanakan selama bulan juli 2019. Kegiatan ini dilaksanakan dalam dua hari, mulai jam 08.00- 11.30 WIB (sesi pertama), 14.00- 16.30 WIB (sesi kedua), pada hari Sabtu, 20 dan 27 juli 2019, Lokasi pengabdian bertempat di TK Sandy Putra Pematangsiantar. Sasaran kegiatan ini adalah guru-guru PAUD di kabupaten simalungun.

Alasan pemilihan lokasi pengabdian adalah musyawarah dari perwakilan pengelola PAUD mitra di kabupaten simalungun. Bagi guru-guru PAUD disediakan transportasi untuk membawa ke lokasi pengabdian mengingat kegiatan tersebut memiliki dampak positip bagi guru-guru PAUD dalam mendidik anak bangsa di zaman revolusi industri 4.0. Metode yang digunakaan dalam pelaksaannya adalah dengan presentasi/ceramah, diskusi, tanya jawab, dan simulasi/latihan. Peserta guru PAUD terdiri dari beberapa sekolah yang ada di kabupaten simalungun antara lain: TK Sandhy Putra Telkom, PAUD Permata Hati, TK Sanina, TK Cahaya Hati, PAUD Josua, TK Harapan, Paud Grace Kids, TK Pembina Bandar, PAUD SAB Parhorasan Nauli, Paud SAB Suka Raja, Paud SAB Mekar Nauli, Paud SAB Pardamean, Paud SAB Marimbun, Paud HKI dan Paud Eklesia. Hasil dari kegiatan pengabdian ini menunjukkan bahwa dari 40 peserta, guru PAUD mampu menjawab semua soal dengan benar sebanyak 10 soal sebesar  45% (18 peserta) setelah dilakukan pelatihan yang sebelumnya hanya mampu menjawab 9 soal dengan benar sebanyak 13% (5 peserta) sebelum dilakukannya pelatihan. Oleh karena itu, kedepannya diharapkan dilaksanakan pelatihan lanjutan dengan melibatkan lebih banyak guru-guru PAUD agar dapat memanfaatkan pengetahuan lebih mengoptimalkan dan mengimplementasikan sehingga bisa lebih mudah dicerna oleh peserta didik mereka.

Dalam hal ini ketua Pengabdian (Agus Perdana Windarto, M.Kom) menarik beberapa simpulan bahwa pengetahuan guru-guru PAUD tentang  tentang pembelajaran interaktif berbasis software dan android masih kurang memadai sebelum dilaksanakanannya pelatihan. Hal ini ditunjukkan dari hasil pre-test. Penyampaian pengetahuan tentang pembelajaran interaktif berbasis software dan android kepada peserta pelatihan dapat meningkatkan pengetahuan sekaligus sebagai stimulant agar guru-guru PAUD lebih kreatif dalam mencari bahan pelajaran.

Kegiatan yang dilakukan team dosen dan mahasiswa STIKOM dan AMIK  Tunas Bangsa di TK Sandy Putra Pematangsiantar merupakan sebuah kegiatan positif yang bertujuan membekali guru-guru PAUD tentang pengetahuan teknologi khususnya media pembelajaran interaktif berbasis software dan android yang dapat di ajarkan kepada anak didik sebagai upaya pengawasan dalam mengelola teknologi cerdas.


Bila artikel ini bermanfaat silahkan share Dosen STIKOM Tunas Bangsa Memberikan Pelatihan Guru PAUD MELEK Teknologi di Kabupaten Simalungun ini dengan teman anda, Terima kasih sebelumnya

Artikel Terkait 'pengabdian'

Guna Peningkatan Akuntabilitas Laporan Keuangan Mesjid, Gabungan Dosen Beberapa Perguruan Tinggi Lakukan Pengabdian di MUI Kota Binjai dibaca (649)
Tim Hibah PKMS Dikti-Universitas Potensi Utama Gelar Pelatihan Implementasi Google Classroom di SMA An-Nizam dibaca (358)
Melalui Program Pengabdian Masyarakat, Dosen Uniska Bantu Meningkatkan Kompetensi Guru SMAN 1 Anjir Pasar Dengan Media Pembelajaran Berbasis E-Learning dibaca (289)
ADAI Lakukan Pengabdian Masyarakat dengan Tema "Pengelolaan Perencanaan Keuangan Keluarga Nelayan di Desa Perlis Langkat" di Desa Perlis Langkat dibaca (259)
Dosen UNISKA Muhammad Arsyad Al Banjari Banjarmasin Selenggarakan Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat di SMP Negeri 1 Anjir Pasar dibaca (245)
Dosen STIKOM Tunas Bangsa Memberikan Pelatihan Guru PAUD MELEK Teknologi di Kabupaten Simalungun dibaca (188)
Joint Community Service Between Universitas Mercu Buana (UMB) with Universiti Sains Malaysia (USM) dibaca (164)
Universitas Lancang Kuning Laksanakan Pengabdian Dengan Tema Pembuatan Modul Ajar Berbasis Multimedia dibaca (115)
IBM di SMA PGRI Pekanbaru, Dosen Unilak Ajarkan Robotika Sederhana dibaca (69)


Berikan Komentar Anda Pada Artikel Dosen STIKOM Tunas Bangsa Memberikan Pelatihan Guru PAUD MELEK Teknologi di Kabupaten Simalungun
Search Topics
Berita Terbaru

Minggu, 13 Oktober 2019 | 15:52 WIB Dilihat 126 kali

Sebanyak 651 Peserta Mengikuti Seminar Nasional KOMIK 2019 di Garuda Plaza Hotel

Selasa, 1 Oktober 2019 | 18:36 WIB Dilihat 127 kali

JNE Goes To Campus STMIK Budi Darma
SEMINAR NASIONAL Teknologi Komputer & Sains (SAINTEKS) 2019
Seminar Nasional Multidisiplin Sebatik 2018 (SNSEBATIK)
Konferensi Nasional Teknologi Informasi dan Komputer
Seminar Nasional Sains dan Teknologi Informasi (SENSASI)
Seminar Nasional Universitas Pasir Pangaraian
Top Artikel
Terbanyak Didownload

Sabtu, 27 Juli 2019 | 00:12 WIB Dilihat 499 kali

Download Materi Pembicara Seminar Nasional 2nd SENSASI 2019

Senin, 8 Juli 2019 | 16:13 WIB Dilihat 4829 kali

Download Materi Klinik Penulisan Artikel Ilmiah Nasional 2019

Kamis, 21 Februari 2019 | 22:02 WIB Dilihat 742 kali

Download Artikel Seminar Nasional Teknologi Komputer & Sains (SAINTEKS) 2019
Terbanyak Dilihat

Rabu, 28 November 2018 | 11:32 WIB Dilihat 7298 kali

SEMINAR NASIONAL Teknologi Komputer & Sains (SAINTEKS) 2019

Senin, 6 Agustus 2018 | 07:24 WIB Dilihat 3851 kali

Begini Penjelasan Direktur BAN PT, Terkait Similarity Terhadap Borang Akreditasi

Senin, 17 Juni 2019 | 17:07 WIB Dilihat 3825 kali

Seminar Nasional Sains dan Teknologi Informasi (SENSASI) 2019

Sabtu, 22 Sepember 2018 | 13:33 WIB Dilihat 2555 kali

Seminar Nasional Multidisiplin Sebatik 2018 (SNSEBATIK)

Jumat, 6 Juli 2018 | 09:45 WIB Dilihat 2203 kali

Konferensi Nasional Teknologi Informasi dan Komputer (KOMIK) 2018
 (C)opyright  mesran.web.id 2018