Jumat, 3 Mei 2019 | 14:01 WIB

Tim Hibah PKMS Dikti-Universitas Potensi Utama Gelar Pelatihan Implementasi Google Classroom di SMA An-Nizam


Dilihat: 160 kali

Tim Hibah PKMS Dikti-Universitas Potensi Utama Gelar Pelatihan Implementasi Google Classroom di SMA An-Nizam

Pada tanggal 20 April 2019, Tim Hibah PKMS Dikti-Universitas Potensi Utama, Medan, Sumatera Utara mengadakan kegiatan pelatihan implementasi LKS budaya lokal menggunakan LMS-Google Classroom bagi guru-guru SMA Swasta An-Nizam Medan. Kegiatan ini dilaksanakan di SMA Swasta An-Nizam Medan, Jalan Tuba II/Perjuangan No.62, Kelurahan Tegal Sari Mandala III, Kecamatan Medan Denai, Kota Medan, Sumatera Utara 20226. Kegiatan ini dilakukan dimulai dari tanggal 20 April hingga 27 April 2019. Namun, keseluruhan kegiatan PKMS Dikti-Universitas Potensi Utama mulai dari tahap awal hingga tahap implementasi di SMA Swasta An-Nizam diselenggarakan mulai dari tanggal 9 Maret – 27 April 2019.

Kegiatan ini dilaksanakan dalam upaya untuk meningkatkan pengetahuan, pemahaman dan keterampilan para guru SMA, khususnya SMA Swasta An-Nizam Medan dalam mengintegrasikan teknologi pada proses pembelajaran. Kegiatan ini juga bertujuan untuk melatih para guru SMA dalam menghadapai era Revolusi Industri 4,0 pada dunia pendidikan, khususnya pendidikan di tingkat SMA. Peserta pada kegiatan pelatihan ini berjumlah 25 orang guru SMA Swasta An-Nizam Medan. Pelatihan ini dilaksanakan oleh Tim Penerima Hibah PKMS DIKTI yang berasal dari Universitas Potensi Utama yang diketuai oleh Ibu Rahmi Ramadhani, M.Pd, yang beranggotakan dua orang dosen, diantaranya Ibu Ermayanti Astuti, M.Kom dan Ibu Titin Setiawati, M.Sn. Selain itu, kegiatan ini juga mengikutsertakan 2 orang mahasiswa Universitas Potensi Utama sebagai tim pembantu lapangan dalam kegiatan pelatihan.

Pelatihan ini dibuka langsung oleh Kepala SMA Swasta An-Nizam Medan, Bapak Drs. Sularno, M.P. Pembiacara dalam kegiatan pelatihan ini adalah ketua Tim PKMS Dikti-Universitas Potensi Utama, yaitu Ibu Rahmi Ramadhani, M.Pd. Pembahasan materi pelatihan diantaranya:

1. Pembuatan Kelas Digital Menggunakan LMS-Google Classroom
2. Pembuatan LKS Budaya Lokal
3. Pengunggahan Bahan Ajar ke dalam LMS-Google Classroom
4. Pembuatan Evaluasi Penilaian Menggunakan Google Form, dan
5. Penggunggahan Evaluasi Penilaian Menggunakan Google Form ke dalam LMS-Google Classroom.

Turut disampaikan oleh ketua Tim Hibah PKMS Dikti-Universitas Potensi Utama bahwa penerapan LMS-Google Classroom dalam proses pembelajaran masih jarang dilakukan. Siswa hanya mengenal konten pembelajaran yang bersifat konvensional seperti ruang guru, zenius dan lainnya. Hal inilah yang menjadi alasan utama Tim Hibah PKMS Dikti-Universitas Potensi Utama mengadakan kegiatan pelatihan LKS budaya lokal menggunakan LMS-Google Classroom bagi guru SMA Swasta An-Nizam Medan. Ibu Rahmi Ramadhani, M.Pd berharap melalui kegiatan pelatihan ini, maka para guru dapat mengembangkan kelas digital masing-masing sesuai dengan bidang mata pelajaran yang diampu serta berkreasi dalam membuat konten bahan ajar maupun evaluasi hasil penilaian. Bapak Drs. Sularno, M.P selaku Kepala SMA Swasta An-Nizam berharap kegiatan pelatihan sejenis dapat dilaksanakans secara berkesinambungan agar pengetahuan, pemahaman dan keterampilan para guru SMA Swasta An-Nizam semakin meningkat dan berkembang hingga siap dalam menghadapi dan menjalani era Revolusi Industri 4,0.  


Bila artikel ini bermanfaat silahkan share Tim Hibah PKMS Dikti-Universitas Potensi Utama Gelar Pelatihan Implementasi Google Classroom di SMA An-Nizam ini dengan teman anda, Terima kasih sebelumnya

Artikel Terkait 'pengabdian'

Guna Peningkatan Akuntabilitas Laporan Keuangan Mesjid, Gabungan Dosen Beberapa Perguruan Tinggi Lakukan Pengabdian di MUI Kota Binjai dibaca (568)
Tim Hibah PKMS Dikti-Universitas Potensi Utama Gelar Pelatihan Implementasi Google Classroom di SMA An-Nizam dibaca (160)


Berikan Komentar Anda Pada Artikel Tim Hibah PKMS Dikti-Universitas Potensi Utama Gelar Pelatihan Implementasi Google Classroom di SMA An-Nizam
Search Topics
SEMINAR NASIONAL Teknologi Komputer & Sains (SAINTEKS) 2019
Seminar Nasional Multidisiplin Sebatik 2018 (SNSEBATIK)
Konferensi Nasional Teknologi Informasi dan Komputer
Seminar Nasional Sains dan Teknologi Informasi (SENSASI)
Seminar Nasional Universitas Pasir Pangaraian
Top Artikel
Terbanyak Didownload

Kamis, 21 Februari 2019 | 22:02 WIB Dilihat 471 kali

Download Artikel Seminar Nasional Teknologi Komputer & Sains (SAINTEKS) 2019

Sabtu, 26 Januari 2019 | 01:41 WIB Dilihat 676 kali

Download Materi Seminar Nasional Teknologi Komputer dan Sains (SAINTEKS) 2019

Kamis, 20 Desember 2018 | 11:43 WIB Dilihat 3864 kali

Download Instrumen APT 2018 Sesuai SK BAN PT Nomor 59 Tahun 2018
Terbanyak Dilihat

Rabu, 28 November 2018 | 11:32 WIB Dilihat 5647 kali

SEMINAR NASIONAL Teknologi Komputer & Sains (SAINTEKS) 2019

Senin, 6 Agustus 2018 | 07:24 WIB Dilihat 3584 kali

Begini Penjelasan Direktur BAN PT, Terkait Similarity Terhadap Borang Akreditasi

Sabtu, 22 Sepember 2018 | 13:33 WIB Dilihat 2307 kali

Seminar Nasional Multidisiplin Sebatik 2018 (SNSEBATIK)

Jumat, 6 Juli 2018 | 09:45 WIB Dilihat 1793 kali

Konferensi Nasional Teknologi Informasi dan Komputer (KOMIK) 2018
 (C)opyright  mesran.web.id 2018