Minggu, 3 November 2019 | 00:15 WIB

Rumah Dosen Labuhanbatu Sukses Selenggarakan Workshop Tata Kelola OJS dan Penulisan Artikel Ilmiah Pada Jurnal Nasional Terakreditasi


Dilihat: 1084 kali

Rumah Dosen Labuhanbatu Sukses Selenggarakan Workshop Tata Kelola OJS dan Penulisan Artikel Ilmiah Pada Jurnal Nasional Terakreditasi

Rantauprapat, pada tanggal 2 November 2019, sejumlah dosen yang tergabung dalam Rumah Dosen Labuhanbatu bekerjasama dengan beberapa perguruan tinggi yaitu Universitas Islam Labuhan Batu, Universitas Al-wasliyah Labuhan Batu, Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Al Bukhary Labuhan Batu dan AMIK STIEKOM Sumatera Utara mengundang Relawan Jurnal Indonesia Pengurus Daerah Sumatera Utara menyelenggarakan Workshop Tata Kelola OJS dan Penulisan Artikel Ilmiah Pada Jurnal Nasional Terakreditasi.

Workshop Tata Kelola OJS serta Penulisan Artikel Ilmiah yang diselenggarakan oleh Rumah Dosen Labuhanbatu bertempat di Aula Lt 4 AMIK STIEKOM Sumatera Utara. Pelatihan dan Workshop tersebut di buka langsung oleh bapak Hengky Japina, M.Si selaku ketua Rumah Dosen Labuhanbatu. Beliau berharap pelatihan dan workshop ini mampu memberikan pengetahuan bagi dosen-dosen yang terdapat di Rantauprapat ini terhadap publikasi ilmiah dan hal-hal yang berhubungan dengan artikel ilmiah, seperti Plagiarism, Sitasi dan lainnya.
Pembicara yang diundang pada pelatihan/workshop yang diadakan oleh Rumah Dosen Labuhanbatu yaitu bapak Dodi Siregar, M.Kom (Universitas Harapan Medan), Mesran, M.Kom (STMIK Budi Darma), Tengku Mohd Diansyah, M.Kom (Universitas Harapan Medan).

Rumah Dosen Labuhanbatu merupakan suatu perkumpulan yang baru terbentuk di penghujung tahun 2019, namun sudah memberanikan diri untuk mengundang RJI Pengurus Daerah Sumatera Utara agar dapat membantu pengelola jurnal dalam hal Tata Kelola OJS serta dosen dalam hal penulisan artikel ilmiah.

Sebelum masuk pada pemaparan dari narasumber, dilakukan penandatanganan oleh beberapa perguruan tinggi yaitu Universitas Islam Labuhan Batu, Universitas Al-wasliyah Labuhan Batu, Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Al Bukhary Labuhan Batu dan AMIK STIEKOM Sumatera Utara dengan Relawan Jurnal Indonesia dan STMIK Budi Darma.


Penandatangan MOU antara RJI dengan Universitas Islam Labuhan Batu, Universitas Al-wasliyah Labuhan Batu, Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Al Bukhary Labuhan Batu dan AMIK STIEKOM Sumatera Utara.


Penandatangan MOU antara STMIK Budi Darma dengan Universitas Islam Labuhan Batu, Universitas Al-wasliyah Labuhan Batu, Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Al Bukhary Labuhan Batu.

Atas inisiatif Ketua RJI Pengurus Daerah Sumatera Utara, bapak Dodi Siregar, M.Kom, pelatihan/workshop di bagi dalam dua ruangan yang berbeda. Untuk pengelola Jurnal dilakukan pada Ruang Rapat AMIK STIEKOM Sumatera Utara, sedangkan untuk Penulisan Artikel Ilmiah pada Jurnal Nasional Terakreditasi tetap bertempat di Aula. Hal ini bertujuan agar kegiatan baik Tata Kelola OJS maupun penulisan artikel ilmiah dapat dilakukan secara maksimal.


Pada pemaparan penulisan artikel ilmiah, Mesran menyampaikan bahwa saat ini artikel ilmiah bukan hanya bermanfaat bagi Dosen, namun juga bagi Mahasiswa, Mesran juga menyampaikan betapa pentingkan artikel ilmiah disamping membantu dosen dalam pengurusan jabatan fungsional, juga membantu program studi dalam pengisian APS (Akreditasi Program Studi). Untuk itu lanjutnya, "kita sebagai dosen harus mengajak mahasiswa untuk menciptakan budaya berpikir kritis melalui penulisan artikel ilmiah".

Pada penulisan ilmiah, juga disampaikan kegunaan Mendeley, pengecekan simmilarity artikel ilmiah, pencarian jurnal di Sinta sesuai bidang keilmuan, tips bagaimana publish pada jurnal terakreditasi, dan banyak hal yang terkait dengan penulisan artikel ilmiah.

Antusias dosen sebagai peserta yang mengikuti pelatihan penulisan ilmiah terlihat sangat baik, karena banyak pertanyaan-pertanyaan yang disampaikan kepada narasumber, seperti bagaimana penulisan urutan penulis pada artikel ilmiah, bagaimana agar sitasi bertambah.

Pada ruangan yang terpisah, peserta kegiatan Tata Kelola OJS, sangat fokus terhadap materi yang disampaikan oleh bapak Dodi Siregar, M.Kom, terkait dengan jurnal yang dikelola oleh masing-masing institusi, bapak Dodi Siregar, M.Kom, menyampaikan agar kiranya para pengelola ini mampu menghindari quick submit, karena hal ini tidak baik terhadap proses Akreditasi Jurnal Ilmiah.

Workshop Tata Kelola OJS maupun Penulisan Artikel ilmiah berakhir pada pukul 15:45 WIB, dan pada akhir workshop dilakukan foto bersama peserta kegiatan dengan narasumber. (m3).

 


Bila artikel ini bermanfaat silahkan share Rumah Dosen Labuhanbatu Sukses Selenggarakan Workshop Tata Kelola OJS dan Penulisan Artikel Ilmiah Pada Jurnal Nasional Terakreditasi ini dengan teman anda, Terima kasih sebelumnya

Artikel Terkait 'workshop'

Pusat Penelitian dan Pengabdian (P3M) STMIK Budi Darma Adakan Workshop Strategi Mendapatkan Hibah Penelitian dibaca (2069)
Rumah Dosen Labuhanbatu Sukses Selenggarakan Workshop Tata Kelola OJS dan Penulisan Artikel Ilmiah Pada Jurnal Nasional Terakreditasi dibaca (1084)
Sekolah Tinggi Agama Islam Syekh H Abdul Halim Hasan Al-Islahiyah Binjai Selenggarakan Workshop Hak Kekayaan Intelektual dibaca (1051)
Workshop Tata Kelola OJS dan Penulisan Artikel Ilmiah Pada Jurnal Nasional Terakreditasi dibaca (978)
Universitas Nahdlatul Ulama Sumatera Utara Bekerjasama Dengan Relawan Jurnal Indonesia Gelar Workshop Tata Kelola OJS dibaca (819)
Relawan Jurnal Indonesia Sukses Selenggarakan Lokakarya Literasi Jurnal di Sumatera Utara dibaca (773)
LLDIKTI Wilayah I Selenggarakan Sosialisasi Aplikasi Beban Kerja Dosen Tahun 2019 dibaca (761)
Workshop Nasional: Pengelolaan Jurnal Ilmiah Menuju Akreditas dibaca (732)
Sharing Knowledge Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) oleh Dosen STIKOM Tunas Bangsa Pematangsiantar dibaca (720)
Upgrade Pengetahuan, STMIK Budi Darma Kirimkan Dosennya Mengikuti Pelatihan Oracle Academy dibaca (662)
Relawan Jurnal Indonesia Korda Sumatera Utara Gelar Workshop dibaca (655)
IDRI DKI Jakarta menginisiasi Workshop Penulisan Jurnal Bereputasi dibaca (639)
Workshop Peningkatan Tata Kelola Perguruan Tinggi Swasta di LLDIKTI I dibaca (567)
STMIK Budi Darma Selenggarakan Workshop Penulisan Buku ber ISBN Dengan Harga Terjangkau Plus Penulisan Jurnal Bereputasi dibaca (496)
Poltekkes Kemenkes Medan, Undang Relawan Jurnal Indonesia Kordinator Wilayah Sumatera Utara Berikan Pelatihan Setup dan Tata Kelola OJS dibaca (496)
Forum Kerjasama Pendidikan Tinggi (FKPT) Selenggarakan Workshop Penulisan Artikel Ilmiah dan Strategi Pemilihan Jurnal Bereputasi dibaca (477)
Politeknik Kutaraja Banda Aceh bekerjasama dengan FDAP Korwil Aceh Sukses Selenggarakan Workshop "Akuntansi Parpol dan Dana Kampanye" dibaca (473)
Universitas Simalungun Pematangsiantar Gelar Pelatihan Pengelolaan Open Journal System (OJS) dibaca (468)
Akademi Farmasi YPPM Mandiri Banda Aceh Selenggarakan Workshop Hak Kekayaan Intelektual dibaca (458)
UISU Selenggarakan Workshop Percepatan Akreditasi Jurnal dibaca (415)


Berikan Komentar Anda Pada Artikel Rumah Dosen Labuhanbatu Sukses Selenggarakan Workshop Tata Kelola OJS dan Penulisan Artikel Ilmiah Pada Jurnal Nasional Terakreditasi
Search Topics
SEMINAR NASIONAL Teknologi Komputer & Sains (SAINTEKS) 2019
Seminar Nasional Multidisiplin Sebatik 2018 (SNSEBATIK)
Konferensi Nasional Teknologi Informasi dan Komputer
Seminar Nasional Sains dan Teknologi Informasi (SENSASI)
Seminar Nasional Universitas Pasir Pangaraian
Top Artikel
Terbanyak Didownload

Kamis, 5 Desember 2019 | 15:59 WIB Dilihat 2458 kali

Download Materi Proposal Hibah Program Kreativitas Mahasiswa (PKM)

Senin, 18 November 2019 | 09:19 WIB Dilihat 2107 kali

Download Materi Workshop Hak Kekayaan Intelektual (HKI)

Sabtu, 27 Juli 2019 | 00:12 WIB Dilihat 1046 kali

Download Materi Pembicara Seminar Nasional 2nd SENSASI 2019
Terbanyak Dilihat

Rabu, 28 November 2018 | 11:32 WIB Dilihat 10553 kali

SEMINAR NASIONAL Teknologi Komputer & Sains (SAINTEKS) 2019

Jumat, 29 November 2019 | 15:01 WIB Dilihat 10328 kali

SEMINAR NASIONAL Teknologi Komputer dan Sains (SAINTEKS) 2020

Senin, 17 Juni 2019 | 17:07 WIB Dilihat 6693 kali

Seminar Nasional Sains dan Teknologi Informasi (SENSASI) 2019

Senin, 6 Agustus 2018 | 07:24 WIB Dilihat 4586 kali

Begini Penjelasan Direktur BAN PT, Terkait Similarity Terhadap Borang Akreditasi

Sabtu, 6 April 2019 | 13:16 WIB Dilihat 3921 kali

Seminar Nasional Riset Dan Information Science (SeNaRis) 2019
 (C)opyright  mesran.web.id 2018