Minggu, 8 Sepember 2019 | 07:43 WIB

Kuliah Tamu dan Penandatanganan Kerjasama antara Universitas Mercu Buana (UMB) dengan Universiti Sains Malaysia (USM)


Dilihat: 250 kali

Kuliah Tamu dan Penandatanganan Kerjasama antara Universitas Mercu Buana (UMB) dengan Universiti Sains Malaysia (USM)

Menjadi universitas dengan taraf Internasional adalah suatu keniscayaan dalam era globalisasi saat ini sehingga universitas-universitas yang ada saat ini harus mampu bersaing dan memberikan kontribusi dalam pembangunan nasional dengan mencetak sumber daya manusia (SDM) unggul untuk Indonesia maju.

Usaha untuk menjadi universitas bertaraf internasional tersebut di realisasikan oleh Universitas Mercu Buana (UMB), Jakarta dengan menjalin kolaborasi dan mengadakan kuliah tamu pada tanggal 7 September 2019. Adapun mitra dari UMB adalah Universiti Sains Malaysia (USM), penandatanganan kerjasama antara UMB khususnya Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) yang direpresentasikan oleh Dekan FEB Dr. Harnovinsah SE.,Ak., M.Si., CA., CIPSAS dengan Direktur Centre for Islamic Development Management Studies (ISDEV) Dr. Shahir Akram Hassan dari USM. Inisiasi kerjasama ini akan menguntungkan kedua belah pihak dalam berbagai bidang terutama kerjasama dalam penelitian; pertukaran akademisi; pertukaran pelajaran; pertukaran tenaga pendidik, dll yang mana tujuan dari kerjasama tersebut adalah meningkatkan kualitas dari kedua Universitas sehingga dapat bersaing pada tingkat global (internasional).

Selain itu, sebagai iniasi awal dari kerjasama tersebut, maka diadakanlah kuliah tamu dimana ketua panitia dari acara tersebut adalah Caturida Meiwanto Doktorlina. SE. M.Ak. Acara kuliah tamu ini juga difasilitasi oleh Ikatan Ahli Ekonomi Islam (IAEI) komisariat Mercu Buana dikarenakan tema dari acara tersebut adalah membahas isu-isu kontemporer dalam ekonomi Islam, dan saat ini UMB sedang melakukan feasible study untuk membuka program ekonomi Islam dalam rangka mendukung program pemerintah untuk menjadikan Indonesia sebagai pusat ekonomi Islam dunia.

Kuliah tamu disampaikan oleh Prof. Dr. H. Muhammad Syukri Saleh sebagai moderator adalah Taufik Akbar.SE.,M.Si., Ak yang kemudian dilanjutkan oleh Profesor Madya Dr. H. Zakaria Bahari dan Dr. Shahir Akram Hassan serta yang bertindak sebagai moderator adalah Lucky Nugroho. SE., MM., MAk., MCM. Acara tersebut dapat berjalan dengan lancar dan dihadiri peserta lebih kurang sejumlah 200 orang yang terdiri dari dosen dan mahasiswa.

Untuk menarik antusias peserta kuliah tamu, maka terdapat tiga pertanyaan mahasiswa mendapatkan hadiah dikarenakan pertanyaan mereka terkait dengan isu-isu kontemporer dalam ekonomi Islam sangat relevan dengan kondisi saat ini. Harapan yang disampaikan oleh Dekan FEB UMB adalah keuangan syariah dapat memiliki kontribusi yang signifikan dalam pembangunan nasional sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat serta berharap UMB dapat turut serta meningkatkan literasi ekonomi syariah bagi masyarakat.


Bila artikel ini bermanfaat silahkan share Kuliah Tamu dan Penandatanganan Kerjasama antara Universitas Mercu Buana (UMB) dengan Universiti Sains Malaysia (USM) ini dengan teman anda, Terima kasih sebelumnya

Artikel Terkait 'kerjasama'

Dekan Fakultas Ekonomi UMN Al Wasliyah Medan Menandatangani MoA Dengan STMIK Budi Darma dibaca (342)
Politeknik Caltex Riau dan STMIK Budi Darma, Sepakat Jalin Kerjasama(MoU) Pada Bidang Tri Darma Perguruan Tinggi dibaca (327)
Prodi Teknik Informatika dan Manajemen Informatika STMIK Budi Darma Melakukan Penandatanganan MOA dengan Prodi Akuntansi dan UKM Centre FE UISU dibaca (294)
5 Mahasiswa FTK UNHAR Terpilih Untuk Dapatkan Tawaran Kerjasama Project Dengan DreamArch dibaca (269)
Kuliah Tamu dan Penandatanganan Kerjasama antara Universitas Mercu Buana (UMB) dengan Universiti Sains Malaysia (USM) dibaca (250)
Tingkatkan Kolaborasi, KITA MENULIS Jalin Kerjasama Dengan Forum Kerjasama Pendidikan Tinggi (FKPT) dibaca (244)
Dekan FEB Universitas Mercu Buana (UMB) dan Ikatan Ahli Ekonomi Islam (IAEI) Komisariat UMB Inisiasi Kerjasama dengan Komite Nasional Keuangan Syariah dibaca (209)
Dosen Fasilkom Jalin Kerjasama IbM Dengan SMA PGRI Pekanbaru dibaca (202)
Politeknik Kutaraja Banda Aceh Melakukan Penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) dengan Politeknik Port Dickson Negeri Sembilan Malaysia dibaca (142)


Berikan Komentar Anda Pada Artikel Kuliah Tamu dan Penandatanganan Kerjasama antara Universitas Mercu Buana (UMB) dengan Universiti Sains Malaysia (USM)
Search Topics
SEMINAR NASIONAL Teknologi Komputer & Sains (SAINTEKS) 2019
Seminar Nasional Multidisiplin Sebatik 2018 (SNSEBATIK)
Konferensi Nasional Teknologi Informasi dan Komputer
Seminar Nasional Sains dan Teknologi Informasi (SENSASI)
Seminar Nasional Universitas Pasir Pangaraian
Top Artikel
Terbanyak Didownload

Sabtu, 27 Juli 2019 | 00:12 WIB Dilihat 467 kali

Download Materi Pembicara Seminar Nasional 2nd SENSASI 2019

Senin, 8 Juli 2019 | 16:13 WIB Dilihat 4696 kali

Download Materi Klinik Penulisan Artikel Ilmiah Nasional 2019

Kamis, 21 Februari 2019 | 22:02 WIB Dilihat 695 kali

Download Artikel Seminar Nasional Teknologi Komputer & Sains (SAINTEKS) 2019
Terbanyak Dilihat

Rabu, 28 November 2018 | 11:32 WIB Dilihat 6948 kali

SEMINAR NASIONAL Teknologi Komputer & Sains (SAINTEKS) 2019

Senin, 6 Agustus 2018 | 07:24 WIB Dilihat 3810 kali

Begini Penjelasan Direktur BAN PT, Terkait Similarity Terhadap Borang Akreditasi

Senin, 17 Juni 2019 | 17:07 WIB Dilihat 3530 kali

Seminar Nasional Sains dan Teknologi Informasi (SENSASI) 2019

Sabtu, 22 Sepember 2018 | 13:33 WIB Dilihat 2513 kali

Seminar Nasional Multidisiplin Sebatik 2018 (SNSEBATIK)

Jumat, 6 Juli 2018 | 09:45 WIB Dilihat 2118 kali

Konferensi Nasional Teknologi Informasi dan Komputer (KOMIK) 2018
 (C)opyright  mesran.web.id 2018