Manajemen Risiko Reputasi pada Bank Syariah

Arsyadona Arsyadona, Saparuddin Siregar, Isnaini Harahap, Sugianto Sugianto

Abstract


Risiko reputasi suatu bank adalah kumpulan citra bank di benak khalayak atau stake holder.  Reputasi mencerminkan persepsi publik terkait tindakan yang dilakukan suatu bank, bisa juga disebabkan adanya publikasi negatif terhadap suatu bank. Risiko reputasi terjadi karena dipicu oleh risiko lain seperti Risiko kredit, Risiko likuiditas, atau Risiko operasional. Dengan demikian, dalam menilai Risiko reputasi perlu dipahami keterkaitan antara Risiko reputasi dan Risiko lainnya. Sesuai dengan Peraturan OJK, Manajemen Risiko adalah serangkaian metodologi dan prosedur yang digunakan untuk mengidentifikasi, mengukur, memantau, dan mengendalikan Risiko yang timbul dari seluruh kegiatan usaha Bank. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dalam melihat hubungan antar variable pada obyek yang diteliti lebih bersifat interaktif yakni saling mempengaruhi.

Kata Kunci: Manajemen Risiko, Risiko Reputasi, Bank Syariah


Full Text:

PDF

References


. Aldira Maradita. (2014). Karakteristik Good Corporate Governance pada Bank Syariah dan Bank Konvensional. Jurnal Yuridika , 29(2).

. Karim, Adiwarman A. Bank Islam Analisis Fiqih dan Keuangan. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada, 2016.

. Kasmir. Manajemen Perbankan. Jakarta: Rajawali Pers, 2010.

. Lewis, Mervin K. dan Latifa M. Algaud. Perbankan Syariah Prinsip Praktek Prospek, Jakarta: PT. Serambi Ilmu Semesta, 2001.

. Mannan, M.Abdul. Teori dan Praktek Ekonomi Islam. Yogyakarta: PT Dana Bhakti Prima Yasa, 2014.

. Metawa, S.A. & Almossawi, M. (1998). Banking Behavior of Islamic Bank Customer: Perspectives and Implications. The International Journal of Bank Marketing, 16 (7).

. Morgan, Robert M. and Shelby D. Hunt. (2004). The Commitment Trust Theory of Relationship Marketing, Journal of Marketing, 58(3).

. Nuruddin, Amiur. Kinerja Perbankan Syari’ah Strategi Penghimpunan Dana Pihak Ketiga. Bogor: UIKA Press, 2019.

. Rahman El Junusi. (2012 ). Implementasi Syariah Governance Serta Implikasinya terhadap Reputasi dan Kepercayaan Bank Syariah. Jurnal Pemikiran Islam, 12(1).

. Siti Maria Wardayati. (2011 ). Implikasi Shariah Governance Terhadap Reputasi dan Kepercayaan Bank Syariah. Jurnal Penelitian Sosial Keagamaan, 19(1).

. Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta, 2018.

. www.ojk.go.id

. www.indonesia.go.id


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Seminar Nasional Teknologi Komputer & Sains (SAINTEKS)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.