Pengaruh Earning Power dan Perubahan Tarif Pajak Terhadap Manajemen Laba Pada Perusahaan Perbankan yang telah Go Public di Bursa Efek Indonesia

Sherry Melda, Trie Nadilla, Ramadhan Ramadhan, Iskandar Iskandar, Ainul Ridha, Dessy Puspita

Abstract


Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh earning power dan perubahan tarif pajak terhadap manajemen laba pada perusahaan perbankan. Penelitian ini menggunakan data sekunder yang diakses melalui website Bursa Efek Indonesia. Unit analisis yang digunakan adalah tingkat jasa yaitu perusahaan perbankan yang telah go public  di BEI yang melakukan manajemen laba. Metode penelitian yang digunakan adalah sensus. Dipilih metode sensus karena elemen populasi sasaran yang diteliti jumlahnya sedikit, yaitu berjumlah 48 perusahaan perbankan. Perusahaan yang menjadi populasi perusahaan perbankan yang terdaftar secara berturut-turut tahun 2008-2009. Metode analisis yang digunakan ialah analisis kuantitatif dengan teknik analisis regresi linear berganda yang diolah dengan menggunakan Statistical Package for Social Science (SPSS) 17. Hasil penelitian menyimpulkan earning power berpengaruh   terhadap   manajemen   laba   pada   perusahaan perbankan yang telah go public di BEI. Berbeda dengan perubahan tarif pajak tidak berpengaruh terhadap variabel manajemen laba.

Kata Kunci: Earning Power, Tarif Pajak,  Earning Management, Perusahaan Perbankan, Bursa Efek Indonesia (BEI).


Full Text:

PDF

References


Act CM, Shari I. Pendahuluan Pasar keuangan (. 2012:5-6.)

Magister J, Trisakti A. Jurnal Magister Akuntasi Trisakti (e-Journal) Volume. 3 Nomor. 1 Februari 2016. 2016;(2015):21-42.

Ahmad AW. Konflik Keagenan : Tinjauan Teoritis dan Cara Menguranginya. 2000.

Gumanti TA. EARNINGS MANAGEMENT : SUATU TELAAH PUSTAKA. 2000;2(2):104-115.

Latifa CA, Haridhi M, Akuntansi PS, Kuala US. PENGARUH NEGOSIASI DEBT CONTRACTS. POLITICAL COST , FIXED ASSET INTENSITY , DAN MARKET TO BOOK RATIO TERHADAP PERUSAHAAN MELAKUKAN REVALUASI ASET TETAP ( Studi pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2010-2014 ). 2016;1(2).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Seminar Nasional Teknologi Komputer & Sains (SAINTEKS)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.