Kamis, 14 Februari 2019 | 10:50 WIB

Natural Aceh dan Politeknik Kutaraja Bersama Pemko Banda Aceh Selenggarakan Seminar Keterlibatan Perempuan dan Anak dalam Kebijakan Pembangunan


Dilihat: 99 kali

Natural Aceh dan Politeknik Kutaraja Bersama Pemko Banda Aceh Selenggarakan Seminar Keterlibatan Perempuan dan Anak dalam Kebijakan Pembangunan

Dihadapan seratus lebih peserta seminar tentang pelibatan perempuan dalam pengambilan keputusan dan pemenuhan hak-haknya, Selasa (12/2/2019), Walikota Banda Aceh H. Aminullah Usman, S.E.Ak.,MM. mengatakan sangat mendukung berbagai kebijakan yang memberikan perhatian kepada anak-anak, kaum disabilitas, dan perempuan atau ibu-ibu.

Dalam sambutannya saat membuka acara seminar yang diprakarsai oleh Satuan Perangkat Kerja Daerah (SKPD) yakni Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) Banda Aceh, Wali Kota memberikan apresiasi yang tinggi kepada Natural Aceh selaku pelaksana acara.

Natural Aceh merupakan sebuah lembaga swadaya masyarakat lokal yang bergerak dibidang riset, pelatihan, dan pemberdayaan terutama anak-anak serta perempuan. Dan selama tiga tahun terakhir Natural Aceh telah banyak melakukan berbagai kegiatan yang bersifat penguatan kapasitas masyarakat.

Seminar sehari yang diadakan di Kampus Politeknik Kutaraja itu turut menjadi narasumber yaitu Kepala Bidang Sumber Daya Manusia dan Keistimewaan Bappeda Kota Banda Aceh Hafriza, S.STP.,MA dan Kepala Dinas DP3AP2KB, Dr Media Yulizar, M.PH.
Dalam pemaparannya narasumber mengajak seluruh peserta untuk mendukung program-program Pemerintah Kota Banda Aceh dalam hal kesetaraan gender dan kesetaraan hak-hak anak dan perempuan. Apalagi Walikota saat ini memberikan perhatian yang sangat besar terhadap masalah perempuan dan anak serta kaum disabilitas.

Menurut Media, kebijakan Aminullah Usman yang sangat inovatif tersebut agar target Kota Banda Aceh menjadi kota yang ramah anak, perempuan bahkan ramah disabilitas bisa tercapai. Salah satu upaya Pemko Banda Aceh adalah melahirkan kebijakan perencanaan pembangunan yang melibatkan anak atau MUSRENA (Musyawarah Rencana Aksi Perempuan dan Anak) yang kini sudah berjalan baik, bahkan model ini sudah pula diadopsi oleh kab/kota lainnya di Aceh. Dalam Musrena, anak-anak yang berusia 12-17 tahun diberikan kesempatan untuk mengusulkan berbagai aspirasi ramah anak dalam pembangunan Kota Banda Aceh yang dimulai pada level kelurahan atau gampong.

Dalam musyawarah tersebut aparatur desa menampung dan mengakomodir semua kebutuhan anak, misalnya taman bermain di desa, taman baca, ruang kreativitas, dan sebagainya. Begitu pula dalam konteks kebutuhan perempuan dan ibu-ibu untuk diwujudkan dalam pembangunan. Kebijakan tersebut berpedoman pada Undang-undang Nomor 35 Tahun 2016 tentang Perlindungan Anak (Pasal 24): Negara, pemerintah dan pemerintah daerah menjamin anak untuk mempergunakan haknya dalam menyampaikan pendapat sesuai dengan usia dan kecerdasan anak. Dan Peraturan Walikota Banda Aceh Nomor 14 Tahun 2018 tentang Pengembangan Kota Banda Aceh Menuju Kota Layak Anak. Walikota Banda Aceh meyakini tujuan menjadikan Banda Aceh sebagai Kota Layak Anak dan Perempuan dapat dicapai.
Upaya lain yang juga sebuah kebijakan inovatif di era Walikota Aminullah Usman yang mengusung tagline Gemilang ini adalah dibentuknya pusat layanan perempuan atau yang diberi nama Women`s Development Center (WDC). Lembaga ini diharapkan menjadi motor percepatan pembangunan perempuan dan anak Kota Banda Aceh.

Berbagai upaya dan kebijakan yang digulirkan oleh Pemerintah Kota Banda Aceh dalam rangka melanjutkan tujuan pembangunan milenium (Milenium Development Goals/MDGs) yang sebelumnya sudah berjalan. Sehingga arah pembangunan berikutnya adalah untuk mencapai tujuan pembangunan berkelanjutan (Sustainable Development Goals/SDGs) yaitu SDGs 1 dan 5. Sementara itu Direktur Politeknik Kutaraja, Supriyanto, S.P.,M.Si juga berterima kasih kepada Natural Aceh dan Pemerintah Kota Banda Aceh telah memilih Politeknik Kutaraja sebagai tempat pelaksanaan acara ini. Dihadapatn Wlikota Banda Aceh, dalam sambutannya bapak Supriyanto mengucapkan sangat bersyukur karena kegiatan penting hari ini berkaitan dengan kepedulian kita terhadap perempuan dan anak diadakan di kampus Politeknik Kutaraja.

Kemudian ia mengulas sedikit tentang latar belakang lahirnya Politeknik Kutaraja di Aceh. Politeknik Kutaraja merupakan kampus swasta yang keenam di Aceh, diantaranya dua berstatus negeri dan empat lainnya swasta.

Sebagai kampus yang baru lahir, kini Politeknik Kutaraja terus mengembangkan diri baik dalam proses maupun jangkauan. Targetnya yaitu Politeknik Kutaraja menjadi kampus pilihan pertama swasta bagi putra-putri Aceh setelah Perguruan Tinggi Negeri (PTN).
Sekarang ini Politeknik Kutaraja menyelenggarakan empat program studi. Dua program studi jenjang diploma tiga yaitu administrasi perkantoran dan akuntansi, dua program studi diploma empat Manajemen Keuangan Sektor Publik dan Analis Keuangan atau setara sarjana terapan. Kedepan Politeknik Kutaraja akan membuka satu program studi baru yakni Teknik Komputer untuk melengkapi program studi yang sudah ada.(*)


Bila artikel ini bermanfaat silahkan share Natural Aceh dan Politeknik Kutaraja Bersama Pemko Banda Aceh Selenggarakan Seminar Keterlibatan Perempuan dan Anak dalam Kebijakan Pembangunan ini dengan teman anda, Terima kasih sebelumnya

Artikel Terkait 'pts'

Universitas Harapan Medan Sukses Sabet Emas Dalam Ajang Respex 2018 dibaca (701)
Pegadaian Bekerjasama dengan STMIK Budi Darma Melangsungkan Kuliah Umum Bertemakan The Gade talks about DIGITALPRENEURSHIP dibaca (457)
Lebih Dari 134 Penulis Ikut Ambil Bagian pada Seminar Nasional SAINTEKS 2019 dibaca (379)
Pusat Karir STMIK Budi Darma Selenggarakan Seminar Dengan Tema Establishing Competent Fresh Graduate with High Qualification dibaca (378)
7 Institusi Yang Tergabung Dalam Forum Kerjasama Pendidikan Tinggi Ikuti RESPEX 2018 di Malaysia dibaca (349)
Untuk Menyambut Dies Natalis ke 34, Universitas Putra Indonesia YPTK Padang Berencana Buat International Conference dibaca (345)
Politeknik Tuanku Sultanah Bahiyah Melakukan Kunjungan Kerja ke Medan Indonesia dibaca (258)
LPPM Universitas Sains dan Teknologi Jayapura(USTJ) Gelar Seminar Hasil Penelitian dibaca (242)
Politeknik Kutaraja Sukses Raih Medali Perak Pada Ajang Regional Students Product Exhibition 2018 di Malaysia dibaca (223)
AMIK STIEKOM Sumatera Utara Melakukan Kerjasama Dengan Asosiasi Dosen Akuntansi Indonesia dibaca (211)
SEMINAR: Keterlibatan Perempuan dalam Proses Pengambilan Keputusan dan Pemenuhan Haknya dibaca (207)
Pusat Karir STMIK AKBA Bekerjasama Dengan Shopee Selenggarakan Workshop Digital Technopreneurship dibaca (184)
ITM Torehkan Prestasi di IMT-GT ke 20 di Malaysia dibaca (179)
Mahasiswa ADP Politeknik Kutaraja Adakan Seminar Kewirausahaan dibaca (168)
FTK UNHAR Undang Assoc. Prof Muzammil bin Jusoh Untuk Paparkan Kuliah Umum Bertemakan Wireless Internet of Things dibaca (168)
Ketua STIM Sukma Medan, Wardayani, M.Si Pimpin Wisuda Ke XX di Grand Aston Medan dibaca (158)
STIKES RS Haji Medan Mewisuda 314 Wisudawan dan Wisudawati dibaca (150)
AMIK STIEKOM Sumatera Utara Bekerja Sama Dengan Apajake.Com Membuat Workshop Film: HOW TO MAKE A MOVIE dibaca (140)
STMIK Budi Darma Melakukan Kunjungan Industri Ke PT Indonesia Asahan Alumunium dibaca (121)
Sukses AMIK STIEKOM Sumatera Utara Lakukan Roadshow Go To School Dengan Tema Internet of Things(IoT) dibaca (105)


Berikan Komentar Anda Pada Artikel Natural Aceh dan Politeknik Kutaraja Bersama Pemko Banda Aceh Selenggarakan Seminar Keterlibatan Perempuan dan Anak dalam Kebijakan Pembangunan
Search Topics
SEMINAR NASIONAL Teknologi Komputer & Sains (SAINTEKS) 2019
Seminar Nasional Multidisiplin Sebatik 2018 (SNSEBATIK)
Konferensi Nasional Teknologi Informasi dan Komputer
Seminar Nasional Sains dan Teknologi Informasi (SENSASI)
Seminar Nasional Universitas Pasir Pangaraian
Top Artikel
Terbanyak Didownload

Kamis, 21 Februari 2019 | 22:02 WIB Dilihat 471 kali

Download Artikel Seminar Nasional Teknologi Komputer & Sains (SAINTEKS) 2019

Sabtu, 26 Januari 2019 | 01:41 WIB Dilihat 676 kali

Download Materi Seminar Nasional Teknologi Komputer dan Sains (SAINTEKS) 2019

Kamis, 20 Desember 2018 | 11:43 WIB Dilihat 3864 kali

Download Instrumen APT 2018 Sesuai SK BAN PT Nomor 59 Tahun 2018
Terbanyak Dilihat

Rabu, 28 November 2018 | 11:32 WIB Dilihat 5647 kali

SEMINAR NASIONAL Teknologi Komputer & Sains (SAINTEKS) 2019

Senin, 6 Agustus 2018 | 07:24 WIB Dilihat 3584 kali

Begini Penjelasan Direktur BAN PT, Terkait Similarity Terhadap Borang Akreditasi

Sabtu, 22 Sepember 2018 | 13:33 WIB Dilihat 2307 kali

Seminar Nasional Multidisiplin Sebatik 2018 (SNSEBATIK)

Jumat, 6 Juli 2018 | 09:45 WIB Dilihat 1793 kali

Konferensi Nasional Teknologi Informasi dan Komputer (KOMIK) 2018
 (C)opyright  mesran.web.id 2018